SILABUS
Sekolah : S M P
Kelas : IX
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu )
Standar Kompetensi: 1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
7.1.Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
Sepak Bola
• Melakuan kombinasi teknik dasar menendang menghentikan bola
dengan kaki bagian dalam, luar,telapak kaki, dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
• Variasi dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik secara berpasa- ngan atau kelompok
• Bermain dengan peratu
ran yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
Psikomotor
• Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan koordinasi yang baik
• Variasi dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik
• Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, menghentikan bola, dan menggiring bola
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Tes
Tes
Tes
Tes kete – rampilan (unjuk ker –ja)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes variasi dan kombinasi menggiring, menendang,menghentikan bola dengan kaki bagian dalam,luar,telapak kaki dan punggung kaki
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
4x40
menit
Buku teks, bukurefe –rensi,bola kaki,basket voli,lapangan,net ,ring basket
Bola voli
• Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau ke-lompok
• Melakukan variasi dan kombinasi Teknik dasar passing atas bawah dan smash tanpa awalan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau ke-lompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memu puk kerja sama
Psikomotor
• Variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah bola voli dengan koordinasi yang baik
• Variasi kobinasi teknik dasar passing atas, bawah dan smash tampa awalan dengan koordinasi yang baik
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas , bawah bola voli dan smash
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Tes
Tes
Tes
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes variasi dankombinasi passing atas,bawah dan smash tanpa awalan dengan koordina- si yang baik
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Bola Basket
• Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing, menggiring,shooting,dan-lay -up shoot dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau ke-lompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodi fikasi untuk memupuk kerja sama
Psikomotor
• Variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala) dengan koordinasi yang baik
• Variasi dan kombinasi teknik dasar mengiring, shooting (dengan dua tangan dari atas depan kepala) dan lay-up shoot dengan koordinasi yang baik
• Bermain dengan pe-raturan yang di modifik
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing, mengiring, shooting dan lay-up shoot
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Tes
Tes
Tes
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes variasi kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala) dengan koordinasi yang baik
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
7.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi tempat dan peralatan**)
7.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)
7.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan benar dan lancar serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri**)
Bulu tangkis
Tenis Meja
Softball
Tennis
Lari jarak jauh
Lompat jauh gaya melenting
Lompat tinggi gaya straddle
Tolak peluru gaya membelakang
Lempar cakram awalan memutar
Lempar lembing langkah silang
Pencak
silat
Karate
Judo
• Melakukan variasi kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar,menangkap memegang stick dan pukulan swing/bunch dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang yang dimodifikasi un- tuk menanamkan nilai kerja sama
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan
• Melakukan teknik dasar start, lari dan finish secara berpasangan atau kelom- pok
• Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian
• Melakukan teknik dasar awalan, tolakan, dan mendarat secara berpasangan atau kelompok
• melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian
• Melakukan teknik dasar awalan, tolakan, di atas mistar dan mendarat secara berpasangan atau kelom- pok
• Melakukan lomba lompat tinggih dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian
• Melakukan tehnik dasar memegang, meletakan peluru, posisi awal, gerak menolak dan gerak ikutan
Secara berpasangan atau kelompok
• Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi untuk me nanamkan nilai percaya diri
• Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, memutar, melempar dan gerak ikutan secara berpasangan atau kelompok
• Melakukan lomba lempar cakram dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya
diri
• Melakukan tehnik dasar memegang, membawa, melempar dan gerak ikutan secara berpasangan atau kelompok
• Melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi untuk me nanamkan nilai percaya diri
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis) secara berpasangan atau kelom pok
• Melakukan gerak berpasangan (sambungan)
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (gerak memukul, tangkis dan menendang) secara berpasangan atau kelom- pok
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (langkah,jatuh dan kuncian) secara berpasangan atau kelompok
• Melakukan gerak berpasanga
Psikomotor
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis , pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Psikomotor
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Psikomotor
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) dengan koordinasi yang baik
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk-bentuk teknik variasi dan kombinasi dasar melempar, mengakap, memegang stick dan pukulan
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat dengan teman
Psikomotor
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat dengan teman
Psikomotor
• MelakukanTeknik dasar start, lari dan finish secara berpasangan atau kelom- pok
• Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar start, lari dan finish
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Psikomotor
• Melakukan awalan, tolakan, dan mendarat
• Melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikas
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar awalan, tolakan, dan mendarat
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar awalan, tolakan, di atas mistar dan mendarat
• Lomba lompat tinggi gaya straddle
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar awalan, tolakan, di atas mistar dan mendarat
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Psikomotor
• Melakukan tehnik dasar memegang, meletakan peluru, posisi awal, gerak menolak dan gerak ikutan Secara berpasangan atau kelompok
• Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk kombinas teknik dasar memegang, meletakan peluru, posisi awal, gerak menolak dan gerak ikutan
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Psikomotor
• Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, memutar, melempar dan gerak ikutan secara
• Melakukan lomba lempar cakram dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar memegang, posisi awal, memutar, melempar dan gerak ikutan
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Psikomotor
• Melakukan tehnik dasar memegang, membawa, melempar dan gerak ikutan
• Melakukan lomba
lempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar memegang, membawa, melempar dan gerak ikutan
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Psikomotor
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis)
• Melakukan gerak berpasangan (sambungan)
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar, gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
Psikomotor
• Melakukan varoasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (gerak memukul, tangkis dan menendang)
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk varoasi dan kombinasi teknik dasar pukulan , tangkis dan tendangan
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
Psikomotor
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (langkah,jatuh dan kuncian)
• Melakukan gerak berpasangan
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinas teknik dasar gerak langkah, jatuhan, dan kunci
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok menghormati lawan dan percaya diri
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete – rampilan (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
• Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Lakukan variasi dan Kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) dengan koordinasi yang baik
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Lakukan teknik dasar start, lari dan finish lari jarak jauh !
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Lakukanteknik dasarawalan, tolakan, dan mendarat lompat jauh gaya melenting
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
• Lakukan teknik dasar awalan, tolakan, di atas mistar dan mendarat lom- pat tinggi gaya straddle
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Lakukan tehnik dasar memegang, meletakan peluru, posisi awal, gerak menolak dan gerak ikutan tolak peluru gaya membelakang !
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Lakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, memutar, melempar dan gerak ikutan lempar cakram awalan memutar !
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Lakukan tehnik dasar memegang, membawa, melempar dan gerak ikutan
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis) dan sambung
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Lakukan varoasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (gerak memukul, tangkis dan menendang)
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (langkah,jatuh dan kuncian)
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Standar Kompetensi: 2. Mempraktikan jenis latihan beban dengan alat sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalmnya
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan
Keb jasmani
• Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah) secara berpasangan atau kelompok
• Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki)
Secara berpasangan atau kelompok
Psikomotor
• Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)
• Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kak
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Tes
Tes
Tes
Tes (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
• Lakukan bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah serta latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki)
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
2x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras
2..2 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
Keb. jasmani
• Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki secara berpasangan atau kelompok
• Melakukan lomba kecepatan dan kelincahan dengan peraturan yang di modifikasi untuk menanamkan nilai disiplin dan tanggung jawab
Psikomotor
• Melakukan bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)
• Melakukan bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki
• Melakukan bentuk latihan untuk kecepatan (untuk otot badan bagian atas dan bawah)
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Tes
Tes
Tes
Tes (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan bentuk latihan daya tahan,kekuatan dan kecepatan
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
2x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan,mat ras,bangku senam
Standar Kompetensi: 3.Mempraktikan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan
Senam lantai
• Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan secara berpasangan atau
kelompok unt- uk menanamkan nilai keberanian dan keselamatan
Psikomotor
• Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keberanian dan keselamatan
Tes
Tes
Tes
Tes (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
• Lakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
2x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan,mat ras
3.2 Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika
Senam lantai
• Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting secara berpasangan atau kelompok unt- uk menanamkan nilai keberanian dan keselamatan
Psikomotor
• Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keberanian dan keberanian
Tes
Tes
Tes
Tes (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
2x40
menit
Standar Kompetensi: 4. Mempraktikan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
4.1 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang baik serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
Senam irama tanpaalat
• Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik
secara berpasangan atau kelom pok untuk menanamkan nilai estetika
Psikomotor
• Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika
Tes
Tes
Tes
Tes (unjuk kera) dan sikap
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
2x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan, tongkat,tape
4.2 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik berirama menggunakan alat dengan koordinasi gerak serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika
Senam irama dengan alat (tongkat )
• Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
secara berpasangan atau kelom pok untuk menanamkan nilai estetika
Psikomotor
• Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar mengayun dengan tongkat kedepan,samping dan belakang badan, diikuti dengan gerak melangkah
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keluwesan, toleransi dan estetika
Tes
Tes
Tes
Tes (unjuk kera) dan sikap
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Standar Kompetensi: 11.Mempraktikan teknik dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
Renag gaya pung
gung
• Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung secara berpasangan atau ke- lompok untuk menanamkan nilai ke- beranian dan kebersihan
Psikomotor
• Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
•
•
• Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keberanian dan kebersihan
Tes
Tes
Tes
Tes (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukani gerakan kaki renang gaya bebas dan observ.
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
3x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, kolam -renang
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
• Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung secara berpasangan untuk me-nanamkan nilai keberan ian dan kebersihan
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya be-bas
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar gerakan lengan renang gaya bebas
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keberanian dan kebersihan
Tes
Tes
Tes
Tes (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan gerakan lengan renang gaya bebas dan observ.
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya punggung serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
• Melakukan teknik dasar pernafasan renang gaya punggung secara berpasangan untuk me-nanamkan nilai keberan ian dan kebersihan
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya be-bas
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar pernapasan renang gaya bebas
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keberanian dan kebersihan
Tes
Tes
Tes
Tes (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan gerakan pernafasan renang gaya bebas dan observ.
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Standar Kompetensi: 6.Mempraktikan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instru
men Contoh
Instrumen
6.1 Mempraktikkan rencana kegiatan penjelajahan
Pendidikan luar kelas
• Melakukan pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas (perencanan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi tempat kegiatan) secara kelompok
Psikomotor
• Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas (perencanan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi tempat kegiatan) secara kelompok
Kognisi
• Mengetahui Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, dan kebersihan
Tes
Tes
Tes
Tes (unjuk kera)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajah-an dan observ.
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
1x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, ling- kungan,obat dan perala- tan P3K
6.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
Penjelajahan disekitar sekolah
• Melakukan ketrampilan dasar mempertahankan hidup
1. Kompas dan peta
2. Mencari makanan dan minuman
3. Mendapatan air dengan proses kondensasi
4. Penyulinagn dengan matahari(soal still)
5. Air dari tanaman
Psikomotor
• Keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas
Kognisi
• Mengetahui cara memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan dan kebersihan
Tes
Tes
Tes
Tes (unjuk kera) dan sikap
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan Ketrampilan dasar mempertahankan hidup
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
Standar Kompetensi : 7. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
7.1 Melakukan iden-tifikasi
Kesehatan • Melakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka) secara berkelompok
Psikomotor
• Melakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)
Kognisi
• Mengetahui peyebab kebakaran
• Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, dan kebersihan
Non tes
Tes
Tes
Penu
gasan
Tes tertulis/
lisan
Tes sikap
Lakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.
1x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi,ling - kungan
7.2 Melakukan cara menghindari bahaya keba - karan
Kesehatan
• Melakukan pencegahan bahaya kebakaran (pencegahan terhadap penyebab, perlengkapan pemadam kebakaran
Psikomotor
• Identifikasi cara pencegahan bahaya kebakaran
Kognisi
• Mengetahui cara menghindari bahaya kebakaran
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan dan kebersihan
NonTes
Tes
Tes
Penugasan
Tes tertulis/
lisan
Tes sikap
Lakukanidentifikasi cara pencegahan bahaya kebakaran
Lembar soal terlampir
Lembar Obsev.