SELAMAT DATANG DI DUNIA PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN
zwani.com myspace graphic comments

SILABUS SMP 5 SUNGAI KUNYIT

SILABUS
Sekolah : S M P
Kelas : IX
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu )

Standar Kompetensi: 1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

7.1.Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)




Sepak Bola


• Melakuan kombinasi teknik dasar menendang menghentikan bola
dengan kaki bagian dalam, luar,telapak kaki, dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
• Variasi dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik secara berpasa- ngan atau kelompok
• Bermain dengan peratu
ran yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
Psikomotor
• Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan koordinasi yang baik
• Variasi dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik
• Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, menghentikan bola, dan menggiring bola

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman


Tes









Tes





Tes


Tes kete – rampilan (unjuk ker –ja)






Tes tertulis/lisan




Tes sikap


Tes variasi dan kombinasi menggiring, menendang,menghentikan bola dengan kaki bagian dalam,luar,telapak kaki dan punggung kaki



Lembar soal terlampir





Lembar Obsev.






4x40
menit
Buku teks, bukurefe –rensi,bola kaki,basket voli,lapangan,net ,ring basket

Bola voli



• Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau ke-lompok

• Melakukan variasi dan kombinasi Teknik dasar passing atas bawah dan smash tanpa awalan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau ke-lompok

• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memu puk kerja sama
Psikomotor
• Variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah bola voli dengan koordinasi yang baik
• Variasi kobinasi teknik dasar passing atas, bawah dan smash tampa awalan dengan koordinasi yang baik
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.

Kognisi

• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas , bawah bola voli dan smash

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman

Tes







Tes






Tes


Tes kete – rampilan (unjuk kera)






Tes tertulis/lisan




Tes sikap

Tes variasi dankombinasi passing atas,bawah dan smash tanpa awalan dengan koordina- si yang baik



Lembar soal terlampir





Lembar Obsev.




Bola Basket
• Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing, menggiring,shooting,dan-lay -up shoot dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau ke-lompok







• Bermain dengan peraturan yang dimodi fikasi untuk memupuk kerja sama



Psikomotor
• Variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala) dengan koordinasi yang baik
• Variasi dan kombinasi teknik dasar mengiring, shooting (dengan dua tangan dari atas depan kepala) dan lay-up shoot dengan koordinasi yang baik
• Bermain dengan pe-raturan yang di modifik
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing, mengiring, shooting dan lay-up shoot

Afeksi

• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman

Tes






Tes







Tes


Tes kete – rampilan (unjuk kera)





Tes tertulis/lisan





Tes sikap


Tes variasi kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala) dengan koordinasi yang baik





Lembar soal terlampir





Lembar Obsev.


7.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi tempat dan peralatan**)
























7.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)

































































































































































7.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan benar dan lancar serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri**)


Bulu tangkis
















Tenis Meja























Softball














Tennis



























Lari jarak jauh
















Lompat jauh gaya melenting






















Lompat tinggi gaya straddle











Tolak peluru gaya membelakang
























Lempar cakram awalan memutar













Lempar lembing langkah silang





















Pencak
silat












Karate












Judo


• Melakukan variasi kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan



• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan









• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar,menangkap memegang stick dan pukulan swing/bunch dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang yang dimodifikasi un- tuk menanamkan nilai kerja sama

• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok

• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan











• Melakukan teknik dasar start, lari dan finish secara berpasangan atau kelom- pok

• Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian







• Melakukan teknik dasar awalan, tolakan, dan mendarat secara berpasangan atau kelompok
• melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian













• Melakukan teknik dasar awalan, tolakan, di atas mistar dan mendarat secara berpasangan atau kelom- pok
• Melakukan lomba lompat tinggih dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian




• Melakukan tehnik dasar memegang, meletakan peluru, posisi awal, gerak menolak dan gerak ikutan
Secara berpasangan atau kelompok

• Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi untuk me nanamkan nilai percaya diri














• Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, memutar, melempar dan gerak ikutan secara berpasangan atau kelompok

• Melakukan lomba lempar cakram dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya
diri


• Melakukan tehnik dasar memegang, membawa, melempar dan gerak ikutan secara berpasangan atau kelompok
• Melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi untuk me nanamkan nilai percaya diri












• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis) secara berpasangan atau kelom pok
• Melakukan gerak berpasangan (sambungan)




• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (gerak memukul, tangkis dan menendang) secara berpasangan atau kelom- pok






• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (langkah,jatuh dan kuncian) secara berpasangan atau kelompok
• Melakukan gerak berpasanga
Psikomotor
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi


Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis , pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman


Psikomotor

• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.

Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman









Psikomotor
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) dengan koordinasi yang baik
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk-bentuk teknik variasi dan kombinasi dasar melempar, mengakap, memegang stick dan pukulan
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat dengan teman




Psikomotor

• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik

• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.

Kognisi

• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat dengan teman










Psikomotor

• MelakukanTeknik dasar start, lari dan finish secara berpasangan atau kelom- pok
• Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikasi

Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar start, lari dan finish

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman




Psikomotor

• Melakukan awalan, tolakan, dan mendarat
• Melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikas

Kognisi

• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar awalan, tolakan, dan mendarat

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman







Psikomotor
• Melakukan teknik dasar awalan, tolakan, di atas mistar dan mendarat
• Lomba lompat tinggi gaya straddle

Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar awalan, tolakan, di atas mistar dan mendarat

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman


Psikomotor

• Melakukan tehnik dasar memegang, meletakan peluru, posisi awal, gerak menolak dan gerak ikutan Secara berpasangan atau kelompok
• Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi

Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk kombinas teknik dasar memegang, meletakan peluru, posisi awal, gerak menolak dan gerak ikutan

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman










Psikomotor
• Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, memutar, melempar dan gerak ikutan secara
• Melakukan lomba lempar cakram dengan peraturan yang dimodifikasi

Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar memegang, posisi awal, memutar, melempar dan gerak ikutan

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman



Psikomotor

• Melakukan tehnik dasar memegang, membawa, melempar dan gerak ikutan
• Melakukan lomba
lempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi

Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar memegang, membawa, melempar dan gerak ikutan

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman








Psikomotor
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis)
• Melakukan gerak berpasangan (sambungan)
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar, gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Psikomotor
• Melakukan varoasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (gerak memukul, tangkis dan menendang)
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk varoasi dan kombinasi teknik dasar pukulan , tangkis dan tendangan
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Psikomotor
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (langkah,jatuh dan kuncian)
• Melakukan gerak berpasangan

Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinas teknik dasar gerak langkah, jatuhan, dan kunci
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok menghormati lawan dan percaya diri


Tes








Tes





Tes


Tes







Tes




Tes












Tes




Tes


Tes





Tes







Tes







Tes











Tes






Tes




Tes






Tes











Tes











Tes





Tes



Tes





Tes







Tes






Tes












Tes





Tes



Tes







Tes





Tes



Tes














Tes





Tes



Tes



Tes





Tes



Tes


Tes




Tes



Tes

Tes kete – rampilan (unjuk kera)






Tes tertulis/lisan




Tes sikap


Tes kete – rampilan (unjuk kera)





Tes tertulis/lisan



Tes sikap











Tes kete – rampilan (unjuk kera)



Tes tertulis/lisan

Tes sikap





Tes kete – rampilan (unjuk kera)






Tes tertulis/lisan






Tes sikap










Tes kete – rampilan (unjuk kera)




Tes tertulis/lisan



Tes sikap





Tes kete – rampilan (unjuk kera)




Tes tertulis/lisan






Tes sikap









Tes kete – rampilan (unjuk kera)



Tes tertulis/lisan


Tes sikap





Tes kete – rampilan (unjuk kera)




Tes tertulis/lisan





Tes sikap













Tes kete – rampilan (unjuk kera)



Tes tertulis/lisan



Tes sikap






Tes kete – rampilan (unjuk kera)



Tes tertulis/lisan



Tes sikap












Tes kete – rampilan (unjuk kera)




Tes tertulis/lisan


Tes sikap


Tes kete – rampilan (unjuk kera)




Tes tertulis/lisan


Tes sikap


Tes kete – rampilan (unjuk kera)


Tes tertulis/lisan


Tes sikap

• Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik

Lembar soal terlampir



Lembar Obsev.


Lakukan variasi dan Kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik



Lembar soal terlampir



Lembar Obsev.










Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) dengan koordinasi yang baik

Lembar soal terlampir

Lembar Obsev.






Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik


Lembar soal terlampir






Lembar Obsev.









Lakukan teknik dasar start, lari dan finish lari jarak jauh !



Lembar soal terlampir




Lembar Obsev.






Lakukanteknik dasarawalan, tolakan, dan mendarat lompat jauh gaya melenting





Lembar soal terlampir





Lembar Obsev.









• Lakukan teknik dasar awalan, tolakan, di atas mistar dan mendarat lom- pat tinggi gaya straddle

Lembar soal terlampir


Lembar Obsev.




Lakukan tehnik dasar memegang, meletakan peluru, posisi awal, gerak menolak dan gerak ikutan tolak peluru gaya membelakang !


Lembar soal terlampir






Lembar Obsev.










Lakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, memutar, melempar dan gerak ikutan lempar cakram awalan memutar !

Lembar soal terlampir



Lembar Obsev.






Lakukan tehnik dasar memegang, membawa, melempar dan gerak ikutan



Lembar soal terlampir



Lembar Obsev.












Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis) dan sambung

Lembar soal terlampir



Lembar Obsev.


Lakukan varoasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (gerak memukul, tangkis dan menendang)

Lembar soal terlampir



Lembar Obsev.


Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (langkah,jatuh dan kuncian)
Lembar soal terlampir



Lembar Obsev.


Standar Kompetensi: 2. Mempraktikan jenis latihan beban dengan alat sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalmnya


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan






Keb jasmani










• Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah) secara berpasangan atau kelompok

• Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki)
Secara berpasangan atau kelompok
Psikomotor
• Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)
• Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kak



Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman


Tes











Tes


Tes

Tes (unjuk kera)










Tes tertulis/lisan

Tes sikap

• Lakukan bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah serta latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki)


Lembar soal terlampir

Lembar Obsev.


2x40
menit








Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras





2..2 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
Keb. jasmani
• Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki secara berpasangan atau kelompok





• Melakukan lomba kecepatan dan kelincahan dengan peraturan yang di modifikasi untuk menanamkan nilai disiplin dan tanggung jawab


Psikomotor
• Melakukan bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)
• Melakukan bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki
• Melakukan bentuk latihan untuk kecepatan (untuk otot badan bagian atas dan bawah)
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah





Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman

Tes





Tes








Tes


Tes (unjuk kera)




Tes tertulis/lisan







Tes sikap
Lakukan bentuk latihan daya tahan,kekuatan dan kecepatan



Lembar soal terlampir







Lembar Obsev.







2x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan,mat ras,bangku senam

Standar Kompetensi: 3.Mempraktikan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan

Senam lantai
• Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan secara berpasangan atau







kelompok unt- uk menanamkan nilai keberanian dan keselamatan
Psikomotor
• Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan




Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan



Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keberanian dan keselamatan

Tes









Tes







Tes



Tes (unjuk kera)








Tes tertulis/lisan






Tes sikap

• Lakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan

Lembar soal terlampir







Lembar Obsev.

2x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan,mat ras

3.2 Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika
Senam lantai
• Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting secara berpasangan atau kelompok unt- uk menanamkan nilai keberanian dan keselamatan
Psikomotor
• Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting


Kognisi

• Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keberanian dan keberanian

Tes







Tes







Tes





Tes (unjuk kera)





Tes tertulis/lisan







Tes sikap

Lakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting

Lembar soal terlampir







Lembar Obsev.

2x40
menit







Standar Kompetensi: 4. Mempraktikan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

4.1 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang baik serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika


Senam irama tanpaalat
• Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik
secara berpasangan atau kelom pok untuk menanamkan nilai estetika
Psikomotor
• Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik

Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika

Tes




Tes



Tes


Tes (unjuk kera) dan sikap


Tes tertulis/lisan


Tes sikap
Lakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik

Lembar soal terlampir


Lembar Obsev.


2x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan, tongkat,tape

4.2 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik berirama menggunakan alat dengan koordinasi gerak serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika

Senam irama dengan alat (tongkat )







• Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
secara berpasangan atau kelom pok untuk menanamkan nilai estetika
Psikomotor
• Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik


Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar mengayun dengan tongkat kedepan,samping dan belakang badan, diikuti dengan gerak melangkah

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keluwesan, toleransi dan estetika


Tes







Tes






Tes


Tes (unjuk kera) dan sikap





Tes tertulis/lisan




Tes sikap


Lakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik

Lembar soal terlampir




Lembar Obsev.

















Standar Kompetensi: 11.Mempraktikan teknik dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
Renag gaya pung
gung







• Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung secara berpasangan atau ke- lompok untuk menanamkan nilai ke- beranian dan kebersihan


Psikomotor
• Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas

Kognisi

• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
• Afeksi

• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keberanian dan kebersihan





Tes





Tes






Tes

Tes (unjuk kera)



Tes tertulis/lisan




Tes sikap





Lakukani gerakan kaki renang gaya bebas dan observ.




Lembar soal terlampir





Lembar Obsev.


3x40
menit








Buku teks, buku refe-rensi, kolam -renang



5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan








• Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung secara berpasangan untuk me-nanamkan nilai keberan ian dan kebersihan



Psikomotor
• Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya be-bas
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar gerakan lengan renang gaya bebas
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keberanian dan kebersihan

Tes



Tes




Tes

Tes (unjuk kera)

Tes tertulis/lisan


Tes sikap
Lakukan gerakan lengan renang gaya bebas dan observ.


Lembar soal terlampir



Lembar Obsev.

5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya punggung serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan


• Melakukan teknik dasar pernafasan renang gaya punggung secara berpasangan untuk me-nanamkan nilai keberan ian dan kebersihan

Psikomotor
• Melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya be-bas


Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar pernapasan renang gaya bebas


Afeksi

• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keberanian dan kebersihan


Tes




Tes







Tes


Tes (unjuk kera)


Tes tertulis/lisan




Tes sikap


Lakukan gerakan pernafasan renang gaya bebas dan observ.

Lembar soal terlampir






Lembar Obsev.










Standar Kompetensi: 6.Mempraktikan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instru
men Contoh
Instrumen

6.1 Mempraktikkan rencana kegiatan penjelajahan


Pendidikan luar kelas
• Melakukan pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas (perencanan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi tempat kegiatan) secara kelompok
Psikomotor
• Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas (perencanan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi tempat kegiatan) secara kelompok

Kognisi

• Mengetahui Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas

Afeksi

• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, dan kebersihan
Tes





Tes







Tes








Tes (unjuk kera)



Tes tertulis/lisan





Tes sikap



Lakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajah-an dan observ.


Lembar soal terlampir







Lembar Obsev.
1x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, ling- kungan,obat dan perala- tan P3K

6.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
Penjelajahan disekitar sekolah
• Melakukan ketrampilan dasar mempertahankan hidup
1. Kompas dan peta
2. Mencari makanan dan minuman
3. Mendapatan air dengan proses kondensasi
4. Penyulinagn dengan matahari(soal still)
5. Air dari tanaman


Psikomotor
• Keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas

Kognisi

• Mengetahui cara memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas

Afeksi

• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan dan kebersihan


Tes






Tes






Tes



Tes (unjuk kera) dan sikap



Tes tertulis/lisan




Tes sikap


Lakukan Ketrampilan dasar mempertahankan hidup


Lembar soal terlampir







Lembar Obsev.




















Standar Kompetensi : 7. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
7.1 Melakukan iden-tifikasi
Kesehatan • Melakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka) secara berkelompok



Psikomotor
• Melakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)
Kognisi
• Mengetahui peyebab kebakaran
• Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, dan kebersihan

Non tes




Tes


Tes


Penu
gasan



Tes tertulis/
lisan

Tes sikap


Lakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)
Lembar soal terlampir


Lembar Obsev.
1x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi,ling - kungan
7.2 Melakukan cara menghindari bahaya keba - karan
Kesehatan
• Melakukan pencegahan bahaya kebakaran (pencegahan terhadap penyebab, perlengkapan pemadam kebakaran

Psikomotor
• Identifikasi cara pencegahan bahaya kebakaran
Kognisi

• Mengetahui cara menghindari bahaya kebakaran
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan dan kebersihan


NonTes




Tes


Tes
Penugasan




Tes tertulis/
lisan

Tes sikap

Lakukanidentifikasi cara pencegahan bahaya kebakaran


Lembar soal terlampir


Lembar Obsev.